Enter a long URL to make tiny:

Definisi dan Sejarah Singkat Mini Market Di Indonesia


Definisi dan Sejarah Singkat Mini Market Di Indonesia - Secara umum mini market diketahui sebagai sebuah toko swalayan yang hanya memiliki satu atau dua mesin register sementara, yang berbeda dengan super market sebagai swalayan besar yang juga menjual barang-barang segar seperti sayur dan daging dengan jumlah mesin register. Mini market merupakan swalayan dalam skala kecil, dengan pasar sasaran masyarakat kelas menengah-kecil dalam suatu pemukiman. Misinya memberikan pelayanan perbelanjaan pada masyarakat dengan kantong relatif kecil tapi dengan kenyamanan yang sama dengan super market.

Mini market biasanya memiliki luas ruangan antara 50 m2 sampai 200 m2 serta berada pada lokasi yang mudah dijangkau konsumen. Mini market mengisi kebutuhan masyarakat sama seperti sebuah warung yang berformat modern, belanja sedikit di tempat yang dekat dan nyaman terpenuhi, perilaku konsumen yang menyukai tempat belanja bersih, sejuk dan tertata rapi membuat mini market menjadi lebih unggul dari warung dan toko tradisional.

Perusahaan yang pertama kali menggunakan format mini market sebagai strategi bisnis di Indonesia adalah PT. Indomarco Prismatama yang pada tahun 1988 mendirikan minimarketnya yang pertama. Pada Akhir tahun 2003 jumlah gerai indomaret 796 unit di Jabodetabek, Bogor, Bandung, Semarang dan Surabaya. Indomarco merencanakan mendirikan 600 toko lagi di tahun 2005. Mini market yang masuk dalam kelompok seperti Indomaret baik yang dimiliki perusahaan atau yang waralaba atau hanya operasional saja tergolong sebagai chain store yaitu toko atau gerai yang terhimpun di bawah satu nama dengan sistem yang sama termasuk dalam kegiatan pemasaranya.

0 Response to "Definisi dan Sejarah Singkat Mini Market Di Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel