Enter a long URL to make tiny:

Dosen Bilang Tidak Boleh Ambil Referensi Dari Blogspot?


Dosen Bilang Tidak Boleh Ambil Referensi Dari Blogspot? - Bagi seorang Mahasiswa yang sedang sibuk menyusun skripsi mungkin telah sering dihadapkan dengan masalah sumber referensi. Banyaknya mahasiswa yang kebingungan dalam mencari sumber referensi selain dari buku dan jurnal, sehingga terpaksa harus mencari referensi dari situs-situs dan blog-blog yang memilki sumber referensi materi yang sesuai dengan yang dibutuhkan.

Namun alih-alih demikian, sangat banyak Dosen yang mempermasalahkan sumber referensi tersebut, terutama yang bersumber dari domain blogspot.com, sehingga berbagai alasan muncul melalui dosen untuk menolak mencantumkan referensi yang bersumber dari domain blogspot.com.

Adapun alasan-alasan yang sering muncul dari Dosen untuk menolak referensi yang bersumber dari domain blogspot.com adalah sebagai berikut:
  1. Tidak relefannya sumber tersebut
  2. Teori yang diambil belum tentu teruji kebenarannya
  3. Sumber tersebut hanya hasil copy paste
  4. Sumber tidak akurat
  5. Penulis yang abal-abal
  6. Dan lain sebagainya
Beberapa diantara alasan tersebut tentu sangat menyinggung perasaan seorang blogger/penulis yang menulis sebuah artikel tanpa kenal pamrih dan hanya untuk dapat berguna bagi semua kalangan dan yang membutuhkan.

Namun apakah benar pernyataan Dosen tersebut dalam menolak sumber referensi yang berasal dari domain blogspot.com?

Disini saya sebagai seorang penulis dan juga pemilik serta pendiri Formasi Berita secara gamblang menyatakan bahwa alasan tersebut sangat tidak masuk akal, terlebih lagi tidak semua blog serta blogger yang menggunakan domain blogspot.com itu memiliki kualitas artikel yang rendah.

Sehingga disini saya akan memberikan saran yang perlu diperhatikan sebelum Dosen menolak sumber referensi dari domain blogspot.com, terlebih dahulu periksalah blog tersebut dengan melihat kriteria sebagai berikut:
  1. Periksa dan lihat tampilan/kerapian situs/blog
  2. Periksa dan lihat siapa penulisnya
  3. Periksa dan lihat artikel yang ditulis apakah karya sendiri atau kutipan
  4. Jika artikel merupakan hasil kutipan, apakah sumber kutipannya dicantumkan atau tidak
  5. Jika sumber kutipan dicantumkan, apakah telah lengkap dan akurat
Melalui lima poin penilaian diatas saya rasa sangat cukup untuk menjadi pedoman dan acuan bagi Mahasiswa maupun Dosen dalam memilih sebuah referensi yang bersumber dari domain blogspot.com.

Untuk Dosen disini saya berharap sebagai perwakilan dari seluruh blogger Indonesia agar dapat lebih menghargai karya seorang blogger, karena tugas kita tidak jauh berbeda, jika para Dosen mengajar di ruang kuliah, maka kami sebagai seorang blogger berbagi pengetahuan di ruang maya yang mencakup seluruh dunia. Tanpa karya seorang penulis bahkan tidak akan ada pengajar yang akan mengajar.

0 Response to "Dosen Bilang Tidak Boleh Ambil Referensi Dari Blogspot?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel