Enter a long URL to make tiny:

Mengenal Extensible Markup Language (XML)


Mengenal Extensible Markup Language (XML) - XML merupakan singkatan dari Extensible Markup Language. Bahasa markup merupakan sekumpulan aturan-aturan yang mendefinisikan suatu syntax yang digunakan untuk menjelaskan, dan mendeskripsikan teks atau data dalam sebuah dokumen melalui penggunaan tag. Extensible Markup Language (XML) didesain untuk mampu menyimpan data secara ringkas dan mudah diatur. Kata kunci utama XML adalah data atau kata jamak dari datum yang jika diolah bisa memberikan informasi. Datum merupakan catatan keterangan atau informasi yang diperoleh dari sebuah penelitian atau observasi.

Extensible Markup Language (XML) merupakan sebuah bahasa markup yang digunakan untuk mengolah metadata atau informasi tentang data yang menggambarkan struktur dan maksud/tujuan data yang terdapat dalam dokumen Extensible Markup Language (XML), namun bukan menggambarkan format tampilan data tersebut. Extensible Markup Language (XML) adalah sebuah standar sederhana yang digunakan untuk medeskripsikan data teks dengan cara self-describing (deskripsi diri).

Seperti TextView yang berfungsi untuk menampilkan teks pada layar perangkat Android. Kita bisa mengawalinya dengan tag pembuka <TextView lalu bisa kita isi dengan nama atribut seperti pada contoh diatas yang termasuk atribut dari Extensible Markup Language (XML) antara lain adalah:
  1. android:id “berfungsi untuk referensi di coding java”
  2. android:text “berfungsi untuk mengisi konten teks”
  3. android:layout_width “berfungsi untuk mengubah jenis atau ukuran lebar TextView”
  4. android:layout_width “berfungsi untuk mengubah jenis atau ukuran tinggi TextView”

Kemudian adapun yang termasuk sebagai nilai atau value dalam Extensible Markup Language (XML) adalah:
  1. @+id/textView1 “berfungsi sebagai value untuk referensi di coding java”
  2. Hello okedroid “berfungsi sebagai value untuk mengisi konten teks”
  3. match_parent “berfungsi sebagai value untuk mengubah jenis atau ukuran lebar TextView”
  4. wrap_content “berfungsi sebagai value untuk mengubah jenis atau ukuran tinggi TextView”

Namespace Extensible Markup Language (XML) digunakan untuk nama unik dari element dan atribut didalam sebuah dokumen Extensible Markup Language (XML). Pada pengembangan aplikasi Android, saat ingin menerapkan RelativeLayout atau LinearLayout sebagai RootView pada Layout, maka kita wajib mendefinisikan namespace Extensible Markup Language (XML) yang mana kita menggunakan “xmlns:android” sebagai atribut, dan nilai atau value “http://schemas.android.com/apk/res/android”. Karena ini merupakan unique identifier yang sama halnya pada penggunaan di bahasa pemrograman PHP atau C++.

0 Response to "Mengenal Extensible Markup Language (XML)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel