Enter a long URL to make tiny:

Karakteristik Kompetensi Menurut Para Ahli - Bagian 1


Karakteristik Kompetensi Menurut Para Ahli - Bagian 1 - Setiap perusahaan dibentuk untuk mencapai tujuan tertentu dan apabila tercapai, barulaah dapaat disebut sebagai sebuah keberhasilan. Untuk mencapa keberhasilan, diperlukan landasan yang kuat dan salah satunya adalah kompetensi. Kompetensi menjadi sangat berguna untuk membaantu perusahaan dalam menciptakan budaya kinerja tinggi. Kompetensi juga sangat diperlukan dalam setiap proses sumber daya manusia, seleksi pegawai, manajemen kinerja, perencanaan dan sebagainya. Demikian pula diperlukan untuk mengomunikasikan nilai dan standar perusahaan, menyeleksi, dan merekrut tenaga kerja, menilai dan mengembangkan tenaga kerja, mengembangkan pemimpin, mengelola proses perencanaan, membangun dasar untuk strategi pelatihan, dan membentuk proses kompensasi.

Kompetensi adalah suatu kemampuan untuk melaksanakan atau melakukan suatu pekerjaan atau tugas yang dilandasi atas keterampilan dan pengetahuan serta didukung oleh sikap kerja yang dituntut oleh pekerjaan tersebut. Dengan demikian, kompetensi menunjukkan keterampilan atau pengetahuan yang dicirikan oleh profesionalisme dalam suatu bidang tertentu sebagai sesuatu yang terpenting, sebagai unggulan bidang tersebut (Wibowo, 2017: 271).

Kompetensi merupakan karakteristik individu yang mendasari kinerja atau perilaku di tempat kerja. Innerja di pekerjaan dipengaruhi oleh pengetahuan, kemampuan, dan sikap serta gaya kera, kepribadian, kepentingan/minat, dasar-dasar, nilai sikap, kepercayaan, dan gaya kepemimpinan (Wibowo, 2017: 272).

Kemudian menurut Boulter, Dalziel, dan Hill (2003) dalam Sutrisno (2016: 203) mengemukakan, bahwa kompetensi adalah suatu karakteristik dasar sari seseorang yang memungkinkannya memberikan kinerja unggul dalam pekerjaan, peran, atau situasi tertentu.

Selain itu Spencer dan Spencer dalam Moeheriono (2012: 3) juga menyatakan hal yang serupa, bahwa kompetensi merupakan karakteristik yang mendasari seseorang berkaitan dengan efektivitas kinerja individu dalam pekerjaannya atau karakteristik dasar individu yang memiliki hubungan kausal atau sebagai sebab-akibat dengan kriteria yang dijadikan acuan, efektif atau berkinerja prima atau superior di tempat kerja atau pada situasi tertentu.

Berdasarkan beberapa pernyataan ahli diatas, maka dapat disimpulkan bahwa kompetensi merupakan kemampuan dalam melaksanakan atau melakukan suatu pekerjaan atau tugas di satu perusahaan yang dilandasi atas keterampilan dan pengetahuan serta didukung oleh sikap kerja yang dituntut oleh pekerjaan tersebut.

  • [message]
    • ##check## Sumber
      • (1) Wibowo. 2017. Manajemen Kinerja (Edisi 4). Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada. (2) Sutrisno, E. 2016. Manajeme Sumber Daya Manusia (Edisi 8). Jakarta: Kencana. (3) Moeheriono. 2012. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.


0 Response to "Karakteristik Kompetensi Menurut Para Ahli - Bagian 1"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel