Enter a long URL to make tiny:

Jangan Berlebihan, Berikut Batasan Konsumsi Gula dalam Sehari

Dalam sehari-hari Kita tidak bisa terlepas dari yang namanya gula. Rasa manis pada gula membuat makanan atau minuman menjadi semakin lezat dan nikmat.

Namun perlu diketahui bahwa konsumsi gula yang berlebihan akan membahayakan kesehatan tubuh.

Beberapa masalah yang timbul yaitu diabetes dan kerusakan gigi. Dampak lainnya yaitu obesitas yang nantinya meningkatkan resiko penyakit jantung.

Gula
Photo: https://pixabay.com/id/gula-sendok-peralatan-makan-pemanis-485050/

Oleh karena itu sangat penting untuk membatasi asupan gula jika tidak ingin terkena beberapa masalah kesehatan tersebut.

Berapa Maksimal Asupan Gula dalam Sehari?

Selain lezat, konsumsi gula juga bermanfaat untuk memberikan energi atau tenaga bagi tubuh dalam beraktivitas. Tapi terlalu banyak konsumsi gula akan menimbulkan gangguan kesehatan.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia memberikan rekomendasi bahwa batas konsumsi gula per hari yaitu 50 gram (setara 6 sendok makan atau 12 sendok teh).

Konsumsi gula harus berhati-hati, terutama bagi Anda yang jarang berolahraga (atau jarang beraktivitas fisik).

Sangat disarankan untuk rutin berolahraga karena tubuh akan membakar kalori dengan maksimal.

Adapun khusus penderita diabetes harus memperhatikan takaran konsumsi gula harian dengan hati-hati.

Cara Membatasi Asupan Gula

Ingat, gula bukan untuk dihindari tapi hanya dibatasi. Hal itu karena tanpa gula, tubuh akan kekurangan energi (tenaga) dan Anda akan sulit berkonsentrasi.

Jika ingin yang manis-manis, hendaknya Anda mengutamakan asupan gula asli (alami) daripada olahan. Gula alami bisa diperoleh dari buah-buahan segar.

Adapun untuk gula pasir, Anda harus hati-hati dalam mengonsumsinya (jangan berlebihan).

Usahakan untuk membeli makanan atau minuman yang tanpa pemanis tambahan. Minimalisir konsumsi minuman bersoda dan minuman kemasan.

Anda tidak perlu meninggalkan makanan seperti es krim, permen, donat, cokelat, brownies, dll. Hanya saja batasi konsumsinya.

Biasakan diri untuk membatasi konsumsi gula, tapi tidak perlu dilakukan secara mendadak, yang penting konsisten.

Untuk meminimalisir dampak buruk dari konsumsi gula yang berlebihan, maka Anda harus melakukan olahraga secara rutin. Anda bisa melakukan jogging selama 20-30 menit per hari .

Selain itu, penambahan gula pada asupan hendaknya diimbangi nutrisi atau serat (yang berfungsi dalam proses penyerapan gula darah dalam tubuh). 

0 Response to "Jangan Berlebihan, Berikut Batasan Konsumsi Gula dalam Sehari"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel