Enter a long URL to make tiny:

Fungsi Sistem Akuntansi Pembelian


Fungsi Sistem Akuntansi Pembelian - Sistem akuntansi pembelian yang baik dalam suatu perusahaan atau organisasi harus sesuai dengan pemisahan fungsi dan prosedur yang telah di tetapkan mulai dari adanya kebutuhan sampai dengan barang yang dibeli, diterima atau ada di gudang. Dalam sistem akuntansi pembelian ada beberapa fungsi yang saling terkait yang memiliki tanggung jawab dan wewenang.

Beberapa fungsi tersebut dapat diuraikan sebagai berikut:

Fungsi Gudang

Fungsi ini bertanggung jawab untuk mengajukan permintaan pembelian sesuai dengan posisi persediaan barang yang ada digudang dan menyimpan barang yang telah diterima dari fungsi penerimaan. Untuk barang-barang yang dipakai langsung, permintaan pembeliaan diajukan langsung oleh pemakai barang tersebut.

Fungsi Pembelian

Fungsi pembelian bertanggung jawab untuk memperoleh informasi mengenai harga barang dalam menentukan pemasok yang akan dipilih unuk pengadaan barang sesuai dengan permintaan fungsi gudang atau pemakai langsung dan mengeluarkan surat order pembelian kepada pemasok yang dipilih serta mengevaluasi order pembelian kepada pemasok yang dipilih.

Fungsi Penerimaan

Dalam sistem akuntansi pembelian, fungsi ini bertanggung jawab untuk melakukan pemeriksaan terhadap jenis, mutu, dan kuantitas dari barang yang telah diterima dari pemasok guna menentukan layak atau tidaknya barang tersebut, dan apakah telah sesuai dengan yang dipesan oleh bagian pembelian sesuai dengan surat order pembelian

Fungsi Akuntansi

Fungsi akuntansi yang terkait dengan transaksi pembelian adalah fungsi pencatatan persediaan dan bagian pencatatan hutang. Dalam sistem akuntansi pembelian, fungsi pencatatan persediaan bertanggung jawab untuk mencatat harga pokok persediaan barang yang dibeli kedalam kartu persediaan. Sedangkan fungsi pencatatan hutang bertanggung jawab untuk mencatat transaksi pembelian kedalam register bukti kas keluar dan menyelenggarakan arsip dokumen bukti kas keluar yang berfungsi sebagai catatan hutang atau mengisi kartu hutang sebagai buku pembantu.

0 Response to "Fungsi Sistem Akuntansi Pembelian"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel