Enter a long URL to make tiny:

Kumpulan Rumus Microsoft Excel 2007 Dan Fungsinya

Panduan Lengkap Microsoft Excel 2007

Microsoft Office Excel merupakan program aplikasi spreadsheet yang sangat praktis karena kita dapat menggunakan sebuah rumus atau formulas yang telah disediakan untuk memudahkan kita dalam mengolah data di Microsoft Excel ini, dan hal itu bisa membuat pekerjaan kita menjadi lebih praktis dan juga dapat menghemat waktu karena kita dapat menyeleksi data sel yang kita inginkan.
Lalu bagaimana cara menggunakan rumus rumus tersebut di Microsoft Excel? dan apa saja rumus yang bisa digunakan di Microsoft Excel? untuk lebih jelasnya kalian bisa menyimak ulasan berikut ini.
Setiap penulisan rumus di Microsoft Excel wajib diawali dengan menggunakan tanda = sebagai penanda bahwa itu adalah sebuah rumus yang aktif, jika sudah menulis rumus tekan enter untuk melihat hasil dari rumus yang telah kita buat tadi. Silahkan lihat contoh kumpulan rumus Microsoft Excel berikut ini
Baca juga postingan sebelumnya di 2 Cara Mengubah Data Vertikal Menjadi Horizontal Di Microsoft Excel 2007


Kalkulator Microsoft Excel

Simbol + Berfungsi Untuk Rumus Penjumlahan
Contoh: = 700+450 (lalu tekan enter)
Simbol - Berfungsi Untuk Rumus Pengurangan
Contoh: = 290–234 (lalu tekan enter)
Simbol * Berfungsi Untuk Rumus Perkalian
Contoh: = 56*8 (lalu tekan enter)
Simbol / Berfungsi Untuk Rumus Pembagian
Contoh: =1024/6 (lalu tekan enter)
Simbol ^ Berfungsi Untuk Rumus Pemangkatan
Contoh: =10^4 (lalu tekan enter)
Simbol % Berfungsi Untuk Rumus Persentase
Contoh: =25% (lalu tekan enter)

Contoh Kumpulan Rumus Dasar Microsoft Excel 2007 Dan Fungsinya

Fungsi Rumus Sum(...)
Rumus Sum digunakan untuk melakukan penjumlahan terhadap sekumpulan data yang ada pada range. Bentuk penulisannya adalah: = SUM(number1;number2;...)
Contoh : = SUM(4;8;9) Tekan Enter
Fungsi Rumus Average(...)
Rumus Average digunakan untuk menghitung nilai-nilai rata-rata terhadap sekumpulan data yang ada pada range. Bentuk penulisannya
adalah : =AVERAGE(number1;number2;..)
Contoh : =AVERAGE(20;4) Tekan Enter
Fungsi Rumus Count(...)
Rumus Count digunakan untuk menghitung jumlah data yang ada pada range.
Bentuk penulisannya adalah : =COUNT(value1;value2;...)
Contoh : =COUNT(1;2;3;4;5;4;3;2;1) Tekan Enter
Fungsi Rumus Max(...)
Rumus Rumus Max digunakan untuk mencari nilai tertinggi terhadap sekumpulan data yang ada pada range.
Bentuk penulisannya adalah : =MAX(number1;number2;...)
Contoh : =MAX(21;20;49) Tekan Enter
Fungsi Rumus Min(...)
Rumus Min digunakan untuk mencari nilai terendah terhadap sekumpulan data yang ada pada range.
Bentuk penulisannya adalah : =MIN(number1;number2;...)
Contoh : =MIN(30;12;43) Tekan Enter
Fungsi Rumus Product(...)
Rumus Product digunakan untuk melakukan perkalian terhadap sekumpulan data yang ada pada range. Bentuk penulisannya : =PRODUCT(number1;number2;...)
Contoh : =PRODUCT(2;4;7) Tekan Enter
Fungsi Rumus Sqrt(...)
Rumus Sqrt digunakan untuk menghasilkan suatu nilai akar kwadrat dari suatu bilangan.
Bentuk penulisannya adalah : =SQRT(number)
Contoh : =SQRT(16) Tekan Enter
Fungsi Rumus Power(...)
Rumus Power digunakan untuk menghasilkan suatu bilangan yang akan dipangkatkan terhadap sekumpulan data yang ada pada range.
Bentuk penulisannya adalah : = Power(number;power)
Contoh : =POWER(6;2) Tekan Enter
Fungsi Rumus Sumsq(...)
Rumus Sumsq digunakan untuk mempangkatduakan angka dalam sel dan juga memberikan jumlah dari pemangkatan terhadap sekumpulan data yang ada pada range tersebut. Bentuk penulisannya adalah: =SUMSQ(number1;number2;...)
Contoh : =SUMSQ(4;5) Tekan Enter dan hasilnya akan seperti ini 16 + 25 = 41

Dan itulah merupakan sebuah contoh kumpulan rumus Microsoft Excel yang dapat kita gunakan untuk penjumlahan, perkalian, dan masih banyak lagi, saya menyadari bahwa rumus tersebut memang tidak lengkap karena rumus Microsoft Excel sendiri jumlahnya banyak sekali jadi saya mohon maaf tidak bisa menulis semuanya, apabila kalian ingin menambahkan daftar rumus tersebut kalian juga bisa menambahkannya melalui kolom komentar dibawah artikel ini supaya saya akan selalu memperbaruinya
Baca juga tutorial selanjutnya tentang Fungsi Referensi Relative Dan Absolute Di Microsoft Excel

0 Response to "Kumpulan Rumus Microsoft Excel 2007 Dan Fungsinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel