Enter a long URL to make tiny:

menguasai cara menggambar clean up sisip

MENGGAMBAR CLEAN UP DAN SISIP SMK MULTIMEDIA


MENGGAMBAR CLEAN-UP DAN SISIP
KD
  • Menemukan syarat-syarat gambar yang asli
  • Membuat gambar-gambar asli
  • Mengidentifikasi syarat-syarat gambar tiga dimensi
  • Membuat gambar tiga dimensi
  • Menampilkan karya seni digital 3D
A.    MENGGAMBAR
Ø  Menggambar (Inggris: drawing) adalah kegiatan kegiatan membentuk imajinasi, dengan menggunakan banyak pilihan teknik dan alat.
Ø  Bisa pula berarti membuat tanda-tanda tertentu di atas permukaan dengan mengolah goresan dari alat gambar.
Ø  Pelakunya populer dengan sebutan Penggambar/juru gambar (inggris:draftsman) yang merupakan salah satu bagian pekerjaan dari perupa.
Perkembangan perangkat lunak grafis membuat kegiatan menggambar bisa pula dilakukan dengan sentuhan penuh alat-alat komputer.

Berikut daftar  perangkat lunak yang memungkinkan kegiatan  menggambar  :
·         Microsoft Expression
·         Inkscape
·         Adobe Photoshop
·         Adobe Illustrator
·         Paint Shop Pro
·         Corel Painter
·         Pixia
·         Kolourpaint
·         Microsoft Paint
·         The GIMP
·         OpenCanvas

B.     PENGERTIAN CLEAN UP DAN SISIP
Clean up adalah menggambar dengan cara membersihkan/menghaluskan gambar supaya tampak lebih indah dengan cara menduplikat atau pun menjiplak gambar yang kita clean up, jadi gambar yang kita clean up pasti akan tamapak lebih bagus.
Sisip yaitu menyisipkan gambar atau teks pada animasi ataupun gambar , akan tetapi untuk mendapatkan hasil sisipan yang baik , kita juga harus mengatur dramatisasinya . Apakah gambar sudah sesuai dengan background yang ditempati, maka dari itu dari segi warna,ukuran,dan pencahayaan perlu kita atur ulang.
Jadi menggambar dengan cara clean up dan sisip adalah menggambar dengan membersihkan gambar yang kemudian kita perindah supaya tampak lebih nyata, dan untuk mendapatkan hasil maksimal kita sisipkan gambar yang bertujuan untuk menserasikannya.

"Clean-Up"  merujuk kepada proses penyempurnaan karya seni  kasar animasi 2D.
Tujuan Clean Up adalah untuk menciptakan animasi dengan halus, garis konsisten seni dan garis berat sebelum ditransfer ke cels untuk melukis.
Kadang-kadang animator manandai catatan pada seni bersih-bersih dengan pensil atau tinta, dalam warna-warna yang tidak akan ditranfer ke sel-sel, biasanya untuk inkers dan pelukis akan berurusan dengan berbagai warna garis dan isi cels.

Menggambar clean up adalah membersihkan gambar dengan cara menjiplak pada animasi.Gambar sisip adalah menyisipkan gambar atau teks pada animasi.
Menu Disk Cleanup yang kita jumpai pada Windows dapat membantu kita dalam membersihkan hard disk kita dari file-file yang sebenarnya tidak kita perlukan, kita juga bisa menghapus permanen file-file yang tidak kita perlukan, seperti:
a.      File yang masih tersimpan di Recycle Bin
b.      File-file sementara (temporary)
c.      Chaced halaman web yang tidak kita perlukan
d.      File-file download yang tersimpan sementara di dalam hard disk.

Ketika kita menjalankan Disk Cleanup sebagai bagian rutin dari "Maintenance Wizard", kita bisa mengatur tipe-tipe file yang akan kita hapus.Bila kita menjalankan Disk Cleanup sebagai program tersendiri, Disk Cleanup bisa membuat kita menghitung ruang hard disk yang akan kita dapatkan dengan menghapus file-file yang tidak kita perlukan, juga bisa menampilkan deskripsi dan isi file-file tersebut. Kita juga bisa menghapus file komponen windows yang tidak kita perlukan seperti file tema desktop misalnya.Disk Cleanup juga bisa digunakan untuk meng-uninstall program yang ingin kita hapus.
Membuat gambar clean up dan sisip
Menemukan syarat-syarat gambar yang asli,
a.       Semua syarat gambar asli yang terdapat pada lembaran-lembaran model, gambar kunci dan instruksi sutradara atau camera sheet.
b.      Semua lembaran model dikumpulkan yang sesuai untuk referensi.
c.       Semua gambar kunci yang menunjukkan masalah atau kesalahan menurut orang yang cocok, diperiksa.
d.      Semua penggalan animasi yang berlawanan dengan camera sheet, yang menunjukkan masalah atau kesalahan pada personil yang relevan, diperiksa

Membuat gambar-gambar asli
a.       Gambar-gambar asli itu dipastikan dibuat dalam batasan produksi.
b.      Gambar asli disesuaikan dengan kunci animasi.
c.       Desain yang disetujui / lembaran-lembaran model dipastikan tercermin persis dalam gambar-gambar asli yang dianggap sebagai standar yang disepakati.
d.      Semua pecahan animasi dicopy ke dalam gambar asli dan diberi nomor dengan cermat.
e.       Gambar asli diidentifikasi dan disimpan dengan aman.
f.       Gambar kunci asli dibagikan kepada personil yang relevan bilamana diperlukan.
g.      Pembetulan pada gambar asli dilakukan seperlunya setelah berkonsultasi dengan personil yang sesuai.


Tracing 
Berawal dari kata trace, yang bermaksud menelusuri atau penelusuran. Dalam grafis, tracing bermakna  menggambar ulang dengan memakai acuan/patrun. 
Bila disederhanakan berarti menjiplak gambar, adapula yang mendefinisikan tracing sebagai proses perubahan format gambar dari bitmap menjadi vector biasa.

Software untuk  Tracing 
Beberapa software misalnya, Adobe Illustrator, Macromedia ,Freehand, Corel Draw, Zara X ataupun software khusus tracing seperti Corel Trace dan bahkan Adobe Illustrator keluaran CS versi 1 ke atas sudah menanamkan tool live trace di programnya yang mampu mengkonvert gambar menjadi vector dalam hitungan detik.

Tracing 
Dalam  terminologi komputer grafis, vector adalah  sekumpulan objek dalam garis atau bentuk  tertentu yang dapat didefinisikan secara matematis,  diisi warna, dan memiliki resolusi bebas.  Karena itu, vector bisa diperbesar dalam  ukuran berapa pun tanpa kehilangan resolusinya. 
Tracing 
Tracing adalah teknik penggambaran cepat, baik secara manual atau digital. Tracing adalah jawaban  untuk tuntutan proses produksi yang berpacu  dengan waktu.
Tanpa tracing, barangkali tak akan ada printing tekstil, screen printing, atau air brush style sekalipun.
Tracing bukanlah masalah menjiplak dalam arti sempit, tracing adalah teknik penggambaran ulang baik  manual atau digital. Dalam illustasi, tracing  adalah style yang membutuhkan kemampuan trace  dan penguasaan aplikasi grafis.

Teknik Tracing 
Manual  Tracing 
     meletakkan gambar asli dibawah kertas kalkir, lembaran acetate, mika susu/kodaktris, boleh kertas doorslag, atau kertas roti. Lalu kita menggambar menggunakan tinta cina, rapido, atau tinta afdek yang pekat

Teknik Tracing 
Digital  Tracing
Tracing digital saat ini banyak kita kerjakan dengan bantuan computer.Gambar asli di-scan, lalu dijiplak lewat bantuan piranti lunak semacam Adobe Illustrator, Adobe Freehand, Adobe Photoshop, Coreldraw atau Corel Painter.

Tracing 
Produk yang dihasilkan adalah illustrasi vector, untuk menutupi kebutuhan illustrasi yang akan ddipakai pada desain-desain poster, iklan-iklan koran  bahkan web dan film-film kartun.
Tracing 
Tracing yang dilakukan dengan bantuan aplikasi berbasis bitmap semacam Photoshop, photopainatau Painter, kita sebut tracing bitmap. Tracing bitmap lebih banyak dikerjakan dibidang screen pprinting  dan tekstil printing.

Tugas Menggambar Clean-up untuk Animasi Kelas XI MM
PETUNJUK UMUM :
·         Buatlah kelompok
·         Satu kelompok terdiri dari 2-4 orang
·         Bacalah tugas di bawah ini dengan seksam
·         Kerjakan tugas sesuai instruksi

PETUNJUK KHUSUS :
Bacalah synopsis di bawah ini dengan seksama !
Sinopsis :
Di kelas XI MM  terdapat dua orang sahabat, Yanto dan Yanti, mereka hidup satu kampung Ciparenyon, setiap hari mereka berangkat ke sekolah bersama-sama. Yanto bercita-cita menjadi seorang pengusaha yang sukses di bidang periklanan, dan Yanti bercita-cita menjadi seorang programmer di bidang computer. Setiap hari mereka belajar dengan tekun untuk mencapai cita-cita mereka, mereka pun kompak saling membantu satu sama lain dalam mengatasai kesulitan, terutama yang berkaitan dengan pelajaran. 7 tahun kemudian mereka menjadi orang yang sukses, Yanto berhasil mengapai cita-cita menjadi manajer perusahaan “Multimedia Creative” di Garut, dan Yanti menjadi seorang programmer yang handal yang bekerkja di “Microsoft Coorporation Indomesia” di Jakarta. Akhir cerita yang indah dari indahnya sebuah arti persahabatan.
Tugas.
• Tentukan gambar kunci dari synopsis cerita di atas (diskusikan dalam kelompok)
• Buatlah minimal empat buah gambar kunci dari synopsis cerita di atas pada empat lembar kertas HVS !

0 Response to "menguasai cara menggambar clean up sisip"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel