Pengelolaan Program PLS, KONSEP TUTOR PELATIHAN
A. KONSEP TUTOR PELATIHAN
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |


![]() |

![]() |

![]() |


![]() |

![]() | |||
![]() | |||
![]() |


B. 

Merekruit Tutor



![]() | |||
![]() |
![]() | |||
![]() |
C. Membuat Jadwal Tutor
![]() | |||||
![]() | ![]() | ||||

![]() |

![]() |

D. Membuat Presensi Tutor
![]() | ||||||||
![]() | ||||||||
![]() | ||||||||
![]() | ||||||||
![]() |
E.
![]() |

![]() |
F.

![]() |
Menentukan Kriteria Tutor
No. | Komponen | Indikator |
1 | Memahami Warga Belajar | 1.Memahami warga belaj ar berdasarkan prinsip- prinsip perkembangan kognitif 2. Memahami warga belajar sesuai prinsip-prinsip kepribadian 3. Mengidentifikasi bekal ajar warga belajar sesuai dengan pelajaran yang diampunya |
2 | Menguasai landasan pendidikan untuk kepentingan pembelajaran | 1. Memahami berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip Pembelajaran 2. Memahami berbagai pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang sesuai 3. Memahami prinsip-prinsip pembelajaran andragogi |
3 | Merancang pembelajaran | 1. Menenirukan strategi pembelajaran berdasarkan karakteristik warga belajar 2. Menerapkan prinsip-prinsip andragogi 3. Memahami kompetensi warga belajar yang ingin dicapai, memahami materi pembelajaran 4. Menyusun rancangan/persiapan pembelajaran berdasarkan strategi yang dipilih |
4 | Melaksanakan pembelajaran | 1. Menata latar (setting) pembelajaran 2. Melaksanakan pembelajaran yang kondusif 3. Menerapkan prinsip-prinsip andragogi 4. Berkomunikasi efektif, empatik, dan santun dengan bahasa yang sesuai dengan warga beiajar |
5 | Merancang dan melaksanakan evaluasi pembelajaran | 1. Menentukan aspek-aspek hasil belajar yang penting untuk dinilai 2. Menentukan prosedur penilaian hasil belajar 3. Melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar secara berkesinambungan 4. Menganalisis hasil penilaian proses dan hasil belajar untuk menentukan tingkat ketuntasan |
6 | Mengembangkan warga belajar untuk mengaktualisasikan berbagai potensi | 1. Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran bagi warga belajar untuk mencapai prestasi secara optimal 2. Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mengaktualisasikan potensi dan kreativitas warga belajar |
G. Membuat Kriteria Penggajian Tutor
![]() | ||||
![]() | ||||
![]() | ||||
H. Membuat Kriteria Kualifikasi Tutor
![]() |
![]() | |||
![]() |
0 Response to "Pengelolaan Program PLS, KONSEP TUTOR PELATIHAN"
Post a Comment