Cara Membuat Rumus Fungsi Pada Microsoft Exel
Microsoft Excel adalah program kedua yang mandasar dalam suatu computer setelah Microsoft Word, keduanya saling berkaitan dalam kehidupan sehari-hari. Banyak para akutan yang mengerti dan bisa mengoprasikan program ini tapi bukan hanya seorang akuntan saja yang bisa anak smp pun juga bisa mengoprasikan program ini, karena dibangku smp kita telah mempelajari tentang Microsoft Excel.
Microsoft Excel sangat berguna untuk masalah-masalah keuangan bahkan utang piutang pun juga bisa dicatat dalam program ini. Para ahli computer menciptakannya untuk mempermudah kita dalam keuangan dalam kehidupan kita.
Secara umum fitur Microsoft Excel 2007 dengan Microsoft Excel 2010 tidak jauh beda, begutu juga untuk penggunaan rumus yang ada di dalamnya. Ms. Excel 2010 memungkinkan kita untuk memasukkan rumus-rumus perhitungan matematika dan statistik dengan mudah dan cepat. Tiap penulisan rumus dimulai dengan tanda sama dengan ( = ). Operator yang sering digunakan antara lain
Microsoft Excel sangat berguna untuk masalah-masalah keuangan bahkan utang piutang pun juga bisa dicatat dalam program ini. Para ahli computer menciptakannya untuk mempermudah kita dalam keuangan dalam kehidupan kita.
Related
+ | PENJUMLAHAN | ^ | PEMANGKATAN |
- | PENGURANGAN | > | LEBIH BESAR |
* | PERKALIAN | < | LEBIH KECIL |
/ | PEMBAGIAN |
Derajat operator hitungan matematika sebagai berikut :
Pertama ^
Kedua * atau /
Ketiga + atau –
Kedua * atau /
Ketiga + atau –
Catatan : rumus yang diapit dengan tanda kurung “( )” akan diproses terlebih dahulu, Contoh penulisan rumus
a = 1.200 + 300 (penulisan rumus dengan angka tetap)
b = B4 + B5 (penjumlahan isi sel B4 dan B5)
b = B4 + B5 (penjumlahan isi sel B4 dan B5)
Fungsi adalah rumus yang sudah siap pakai yang digunakan sebgai alat perhitungan. Fungsi yang disediakan Excel 2007 dikelompokkan menjadi beberapa kelompok fungsi diantaranya adalah kelompok fungsi keuangan, matematika, statistika, logika, teks, database dan lainnya. Fungsi dapat diketik secara manual atau menggunakan Faste Function.
Fungsi yang sering digunakandi excel adalah :
Fungsi yang sering digunakandi excel adalah :
RUMUS | KETERANGAN |
SUM | Penjumlahan suatu sel atau range tertentu. Bentuk rumus =SUM(range data) |
AVERAGE | Mencari nilai rata-rata dari suatu sel atau range tertentu. Bentuk rumus= AVERAGE (range data) |
MAX | Mencari nilai tertinggi dari suatu sel atau range tertentu. Bentuk rumus= MAX (range data) |
MIN | Mencari nilai terendah dari suatu sel atau range tertentu. Bentuk rumus MIN(range data) |
COUNT | Mencari jumlah data pada range tertentu. Bentuk rumus =COUNT(range data) |
VLOOKUP | Pembacaan tabel secara vertikal |
HLOOKUP | Pembacaan tabel secara horizontal |
IF | Fungsi logika |
AND | Logika yang bernilai benar jika semua syarat terpenuhi |
OR | Logika yang bernilai benar jika minimal salah satu syarat terpenuhi |
LEFT | Mengambil data dari kiri |
RIGHT | Mengambil data dari kanan |
MID | Mengambil data di tengah |
Apabila Anda ingin menggunakan operator logika, biasanya diperlukan ekspresi atau pernyataan logika.
Ekspresi logika yang umumnya dipakai adalah :
Keterangan Simbol Pada Exel | |
= Sama dengan < Lebih kecil dari > Lebih besar dari | <= Lebih kecil atau sama dengan >= Lebih besar atau sama dengan <> Tidak sama dengan |
0 Response to "Cara Membuat Rumus Fungsi Pada Microsoft Exel "
Post a Comment